PERILAKU LENTUR BALOK APLIKASI TULANGAN KOMPOSIT DENGAN PERLAKUAN BEDA MUTU SERTA WORKABILITY UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG

  • Marsudi Marsudi Politeknik Negeri Semarang
  • Martono Martono Politeknik Negeri Semarang

Abstract

Beton mempunyai kekuatan tekan yang sangat tinggi, sedangkan kekuatan tariknya hanya 0,1 kekuatan tekannya. Beton sebagai pembentuk balok mempunyai harga yang bervariasi tergantung dari mutu beton tersebut. Penggunaan beton beda mutu diharapkan akan mengurangi biaya produksi dengan kualitas yang sama. Besi beton adalah produk hasil tambang yang keberadaannya suatu saat akan habis. Untuk mengatasi probem tersebut, sebagai alternatif dicoba pemakaian tulangan bambu profil kawat bendrat yang murah dan berkekuatan tinggi, pada penelitian ini  bambu profil kawat bendrat digunakan sebagai pengganti tulangan balok beton sederhana. Semua balok diberi tulangan bambu profil kawat bendrat. Hasil akhir akhir penelitian diketahui seberapa besar kempuan balok modifikasi dengan tulangan dari bambu petung yang profil dengan kawat bendrat dalam menahan gaya lentur. Untuk uji slump test rata rata antar 7 sampai 10 cm. Dari hasil pengujian kuat desak kubus beton dapat di tarik kesimpulan bahwa rata-rata kuat tekan beton K-150 adalah 157 kg/cm2 ini berarti bahwa rata-rata beton tersebut mempunyai mutu K-157, lebih tinggi dari rencana yaitu mutu K-150), kemudian untuk mutu beton K- 225, hasil penelitian rata-rata mempunyai mutu K-229, lebih tinggi dari rencana yaitu mutu K-225). Hasil pengujian kuat tarik besi beton  6 mm didapatkan nilai rata-rata 15 kN, sedangkan untuk tulangan dari bambu petung yang diprofil dengan bendrat didapatkan nilai rata-rata 12 kN. Hasil pengujian kuat  lentur balok beton mutu K-225 diperoleh rata rata pengujian sebesar 36,67 kN, untuk mutu K-150 kekuatannya 27 kN. Untuk modifikasi beton beda mutu dengan tulangan dari bambu profil kawat  bendrat didapatkan rata-rata hasil pengujian sebesar 28,33 kN, sedangkan untuk pengujian balok beton beda mutu dengan tulangan dari besi beton diperoleh hasil pengujian lentur 36,33 kN.

Published
2015-11-07
How to Cite
MARSUDI, Marsudi; MARTONO, Martono. PERILAKU LENTUR BALOK APLIKASI TULANGAN KOMPOSIT DENGAN PERLAKUAN BEDA MUTU SERTA WORKABILITY UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG. Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 177-190, nov. 2015. ISSN 2477-2097. Available at: <https://proceeding.sentrinov.org/index.php/sentrinov/article/view/24>. Date accessed: 25 sep. 2021.